Sabtu, 08 September 2012

Memilih Ukuran Ban yang Tepat untul Velg Original Vixion

Hallo Gunner...
Kitakan sering sekali bingung memilih ban yang cocok and safety untuk motor Vixion, karena dari segi model memang Vixion lebih agak ramping yahh hihihi dan juga ukuran velg yang tidak terlalu lebar... sebenarnya ukuran ban belakang vixion yang cocok and safety berapa sih??
Menurut saya (walaupun belum lama pakai vixion, tetapi sudah sering konsultasi kepada suhu-suhu di Forum Vixion) ukuran ban belakang yang cocok and safety di velg yang masih ori adalah ukuran 110/70-17 karena ukuran itu tidak terlalu mepet dengan arm dan tidak terlalu nge-donut, memangsih jadinya seperti memakai ban ukuran 90/90-17 Rear tetapi sedikit agak besar. Saya juga mengaplikasikan ukuran ini di motor saya,  contohnya seperti berikut diaplikasikan dimotor saya: 




Nahhh...kalau ingin terlihat tinggi, kekar, dan tidak terlalu kelihatan nge-donut pake aja ukuran 120/80-17 Rear tetapi ukuran ini sangat tipis jaraknya ke arm tetapi tidak telalu mepet seperti ukuran 130/70-17Rear... kalo ukuran 130 jaraknya hanya 1jari ke arm tetapi kalau ukuran 120 masih cukup jauh sekitar 2-3jari jarak antara ban-arm, berikut: 




Oke... saya akan memberi bocoran sedikit tentang merk Ban Tubeless apa yang bagus?
Lagi-lagi menurut saya nih heheh, dari beberapa merk yang ada misalkan Bridgestone Battlax, Pirelli, dan Dunlop itu sudah jangan ditanya lagi gunners heheh, kalau dari Merk-merk Lokal seperti FDR, Corsa, Mizzle, IRC, Swallow, dan masih banyak lagi saya tidak hafal heheh... kalau dari segi kualitas memang FDR dan IRC lebih unggul, Karena FDR produkan PT. Astra dan tidak licin saat kondisi Panas maupun Hujan, kalau Corsa... kabarnya dari anak forum-forum Corsa itu sulit untuk ditambal saat bocor jadi harus ganti baru, tapi tidak tau juga yah soalnya saya  belum pernah pakai....


Kesimpulan... jadi lebih baik memakai Merk FDR yang sudah terbukti dan pabrikannya jelas, walaupun dari segi harga FDR lebih mahal dibandingkan Corsa, FDR dengan ukuran 110/70 haranya 300rb sama dengan Corsa ukuran 120/80...


Ohh iya, kalau misalnya gunners-gunners ingin memakai ban Lebar, mending diganti Velgnya dengan ukuran 3.5", Velg yang sudah teruji oleh anak-anak forum adalah Enkei memang  sih harga velg Enkei mahal tapi ada harga ada rupa kok heheh, kalau mau pakai merk lokal yang sudah banyak dipakai oleh anak forum bisa HMF(palang 5 tapi ringan n terjangkau harganya), Power(palang 6), Sprint, V.Rossi(palang 3), RGV(palang6 tapi berat), kalau dari harga velg lokal bisa mencapai 700rb-1.5jt lumayan terjangkau sih...




Nahh itu sihh menurut saya yah dari forum forum, tapi kalau gunners-gunners punya pendapat yang lain yah silakan mungkin ingin terlihat kekar atau gimana ya fine-fine aja yaa gak heheh...
ok sekian dari sayaa, mungkin ada masukkan silahkan...


Kesimpulan.: >Kalau untuk Safety mending pakai 110/70-17R krna tidak  terlalu melebihi kapasitas velg ori.
                    >Kalau ingin terlihat Kekar mending pakai 120/80R tetapi agak berat larinya...
                    >Lebih baik kalau misalnya ingin memakai ban lebar diganti saja velgnya dengan ukuran 3.5"

80 komentar:

  1. bro.. klo velg belakang saya yang masih orsinil, pake ukuran 120/80-17, bisa ga ya? trus mepet sama arm nya ga? thanks bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bro, motor saya juga pake ukuran segitu (ukuran maximal)

      Hapus
    2. Berarti kalo sepasang ukuran nya brapa kalo maximal depan brapa belakang brapa

      Hapus
    3. Kalo gitu belakangnya, trus untuk dpan brapa.?

      Hapus
    4. Kalo ban belakang ukuran 110/70_17...yang depan bisa 70/70 gk?

      Hapus
    5. Ma'f gan mau nanya nih kalau ban depan pake ban mizzle mr01 90/80 17 trus yang blkng pke ukuran 100/80 gmn....

      Hapus
    6. Kalo ukuran velk standar vixion old itu bisa pake ukuran ban 120/70-17.
      Jadi ukuran hanya sampai 120/70-17 untuk velg standar vixion old. Kalo 130/70-17 itu bisa kena di arm

      Hapus
    7. Lebih baik pake ukuran ban 110/70-17 untuk velk standar vixion old biar girnya gak cepat habis atau haus. Kalo pake yang 120/70-17 girnya cepat haus habis kalo sering di pake harian

      Hapus
  2. Bisa kok gan, kayaknya sih lumayan mepet mungkin jaraknya hanya satu jari doang dari arm ke bibir bannya (punya temen ane sih gitu hehe..)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos itu pasg cakram belakang velg ori ya, klo psng ckrm blkng ori dirubhnya dr mna nya mksh

      Hapus
  3. masbro..kl velg standar 120/80-17 itu dr belakang keliatan lebar g? atau malah keliatan donat?

    bro admin itu setau ane masang cover vixionnya salah deh..sorry mgkn bs buat masukan ajah :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung gan, Kalo ente masih pake velg ori vixion pasti donut tapi Kalo udah pake velg 3,5" sih keliatan lebar...
      Hehe iya bro salah, tapi sekarang sih udah ane benerin :D

      Hapus
    2. Solusi gan . Rencana motor vixion old ku mau ganti ban dgn velk ori gan.. ukuran brap gan yg cocok yg Septy & kliatan tinggi.... Trims

      Hapus
  4. gan, mau tanya..yang ban belakang modelnya namanya apa?trus kalo yang buat depan enaknya apa ya??baik modelnya, ukurannya, merknya..trims

    BalasHapus
  5. Kalo ane sekarang pake merk FDR XRevo 130/70 velg HMF, Kalo depan yang lumayan enak pake FDR XT 100/70, itu menurut ane ya Kalo velg udah ganti 3,5"... Kalo ente punya budget lebih, bisa pake Battlax yang sudah recommend tuh haha... Mungkin itu Saja masukan Dari saya:)

    BalasHapus
  6. gan klo vixion ane, ane ganti velg dpn 2,5 blakang 3,5 untung ruginya apa aj gan? rencana ban n velg ane mw ane ganti ky motor KLX 150 supermoto...balas gan ane pemula soal ny..ok trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Lari motor'a jadi lebih berat bro

      Hapus
    3. Sy beli vixion old sdh di rubah tapak lebar dan cakram blkang.. Jujur berat bngt untk lari.. Tp di lihat gaya.... Sm cakram g bs pakem... Akhir'y sy belinpelek ori'y dn di buat k awal pk tromol.. Meski trlihat jadul.. Tp nyaman di pake dn bs lbh enteng...

      Hapus
  7. ko buat velg 2,5 dan 3,5 sih keliatan gagah cuma mungkin tarikan aga berkurang karena bobot velg,klo mau di ganti KLX 150 liat kondisi arm and velg cocok gak

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Gan, kalo untuk velg standar ukuran ban tubeless yg cocok/ bagus (g ngedonut) untuk depan belakang merek dan ukuran yang bagus apa?

    BalasHapus
  10. Wahh gan nanggung kalo cuma ganti ban doang hehe mending sekalian ganti velg tapak lebar, mungkin kalo velg standart depan bisa 80/70, belakang 110/80 atau /90 kalo ada hehe... Itu perkiraan ane doang ya gan hehe

    BalasHapus
  11. mau tanya ban ukuran berapa yang cocok buat pelg ori belakang vxion , kalau pingin besar tapi tidak terlihat tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kalo celg masih ori saya bingung gan, mungkin bisa pake 110/70 kayak pertama kali ane ganti ban hehe

      Hapus
    2. Kalo ban depan 90/80 cocoknya 100/80 apa 110/70 gan?

      Hapus
    3. 100/80 aja bro..biar enteng lari nya..klo 110/70 nanti berat lari nya

      Hapus
    4. Lagi binhung mo pilih yg ukuran brapa. Pengen yg bikin tarikan gk terlalu berat.

      Hapus
  12. klau ban depan pke ukuran 90/90 mentok k spakbor gak gan

    BalasHapus
  13. Insyaallah Ga mentok bro... Spakboard ori maksimal 100/70

    BalasHapus
  14. bang bedanya 130/70 ama 130/80 apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda tebalnya gan. Kalo misalnya ada tulisan 130/70-17. 130=lebar ban, /70=tebal ban, -17=ring ban. Sekiranya begitu dan semoga membantu :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Maap salah tulis gak bisa di edit.
      maap kalau gak salah 130/70-17 itu artinya Lebar 130, ketebalan 70% dari lebar, 17 ring nya, maap kalau salah ^^

      Hapus
  15. ukuran ban yg maksimal untuk velg yg msh ori it ukuran brapa,n klau dipasang g keliatan aneh...
    tx

    BalasHapus
  16. gan,mau tanya,,.,.harga velg enkei ukuran 3.5 berapa ya????
    dan ukuran ban yg cocok???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ane kurang tau gan kalo enkei, waktu itu ane nanta sih ke yamaha velg enkei byson harga satu velg 900an, kalo ukuran pake ban BT-45 120/70 aja gan

      Hapus
  17. Sorry gan mw tanya kl ane pake velg ori vixion 2008 trus ban lbh baik ane ganti 130/70-17 apa 130/80-17 ya gan,,,,thx,,,,

    BalasHapus
  18. sorry ne gan velg ane retak ane mau ganti velg tapak lebar tpi ukuran ban ane belakang110/70 depan 90/80 merek fdr... komentar'a donk....

    BalasHapus
  19. gan, mau tanya..
    berapa ukuran ban belakang paling lebar yg bisa ane pakai klau ane mash pakai velg ori nya vixion 2009? ban dpn nya jg ya gan
    mohon bls an nya nih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Depan 90/80-17
      Belakang 110/80-17

      Hapus
    2. Ukuran segitu ga keliatan nge-donut kan gan?

      Hapus
  20. Gan ane mau nanya nih. Ane mau rencana ganti ban belakang dan depan. Untuk ukuran rear 100/70 front 90/70 untuk rear tuh keliatan nge- donut ga menurut ente, untuk accelerasi dan handlinya enak ga yah?? Velg masih standart old vixi. Tolong di bales ya gan. Butuh pencerahan nih

    BalasHapus
  21. Mau tahu rahasia mencari uang dengan Android? GRATIS TANPA BAYAR...
    (Cukup luangkan waktu Anda 5 menit dalam sehari)

    > Buka Play Store
    > Cari WHAFF Rewards
    > Lalu install
    > Kemudian buka lalu login dengan Facebook
    > Lalu akan muncul notif Enter invitation code
    > Kemudian masukan kode AJ85094 agar dapat bonus awal $0,30
    > Tahap awal sudah selesai
    > Tahap selanjutnya silahkan ikuti instruksi dari Whaff.

    Info lebih detail bisa baca disini:
    http://www.codjember.com/2014/12/cara-mudah-mendapatkan-10-dolars-di.html

    Apa bonus Whaff bisa dirupiahkan? JELAS BISA DONK.
    Nanti waktu Payout pilih Paypal, minimal payout $10,5.

    Info cara mencairkan Paypal bisa baca disini:
    http://www.codjember.com/2015/01/cara-mencairkan-saldo-di-paypal-ke.html

    Bagi yang tidak punya paypal dan ingin mencairkan dolars di WHAFF baca disini:
    http://www.codjember.com/2014/12/hot-news-jasa-pencairan-bonus-whaff-ke.html

    BalasHapus
  22. gan itu velg dan ban yg nempel speknya apa ? lalu utk tarikan motor jd berubah ga ? ane mau samain aja ky vxion ente gan

    BalasHapus
  23. Gan kalo pasang cakram belakang di vixi th2012 di pelk ori itu gmna ya,,
    Apa ganti pelk/arm ??

    BalasHapus
  24. Kalo pake ukuran ban 130 di velg standar bisa gk ya mas bro..??

    BalasHapus
  25. Kalo ban depan ukuran 250 blkang 275 itu buat jarak jauh aman gak? Trus buat shock ngaruh cpet rusak nggak

    BalasHapus
  26. wah thanks broh. ane gak harus ganti velg mahal mahal buat ganti ban ternyata. ane sekarang pake ukuran 100 buat rear wheels dan masih kelihatan kecil.

    takutnya kayak orang yang ditilang di Mojokerto kalo pake yang kecil

    BalasHapus
  27. asskum gan,, tanya2 nih kalo velg 3,5inc di pasang di arm ori nya old vixi nantinya jarak velg-arm terlalu mepet ga ya..
    kemudian untuk bagian depan kalo upsidedown old vixion pake velg 2,5inc apa ga ngegaruk spakbor,, tanks ya gan.. ane tunggu balasan nya

    BalasHapus
  28. gan mu nanyak kira" bisa g ya velg ori r25 d pasang d vixion old?

    BalasHapus
  29. gan mu nanyak kira" bisa g ya velg ori r25 d pasang d vixion old?

    BalasHapus
  30. Gan mau nanya, dengan swingarm/lengan ayun vixion lama, bisa muat velg belakang dngan lebar 4.5 inch ???
    Mohon dijawab gan..

    BalasHapus
  31. Gan mau tanya, ane punya vixion thn 2013. Kira-kira ukuran ban depan dan belakang nya brpa ya?
    Supaya lbh sefty di jalan gan.

    Apa sich maksud nya ban soft, medium dan hard.

    Makasih gan.

    BalasHapus
  32. sy prnah liat velg standar yamaha old vixion belakang di pakein ban ukuran 130/70-17..keren sh tp kira" buat safety gmn tuh min??? aman gk?

    di tunggu jawaban nya, mksh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya msih pakai velg bawakan vixion 2011.ban dpan sy 110 dan blakang ny 130
      alhamdulillah aman2 aj

      Hapus
  33. Maap mas sya pake 100/80 n 120/80.
    Tapi kok berat yah buat belok2...

    BalasHapus
  34. Mas saya Aplikasi Ban 100/80 (Front) & 120/70 (Rear) di yamaha Vixion old, aman gak Mz buat Harian cz motor tiap hari saya pakek kerja..

    BalasHapus
  35. Mas saya Aplikasi Ban 100/80 (Front) & 120/70 (Rear) di yamaha Vixion old, aman gak Mz buat Harian cz motor tiap hari saya pakek kerja..

    BalasHapus
  36. Gan mau nanya sya punya Vixion lama Veleg Standar.klw ban belakang saya gnti dg ban 120/80-17 trus ban depanya ukuran brp gan?

    BalasHapus
  37. Mas mau nanya klw ban belakang saya gnti dg ban 120/70-17 terus depannya 90/80-17 cocok gak yah?

    BalasHapus
  38. Mas gan, ane baru ganti ban dan ga ngerti tentang ban, kebetulan motor ane vixion, perdana juga nih ganti ban..
    Tadi barusan masang ban depan pake 90/80-17 dan belakangnya 100/80, kira2 aman ga yak bro?

    BalasHapus
  39. Mas gan, ane baru ganti ban dan ga ngerti tentang ban, kebetulan motor ane vixion, perdana juga nih ganti ban..
    Tadi barusan masang ban depan pake 90/80-17 dan belakangnya 100/80, kira2 aman ga yak bro?

    BalasHapus
  40. Mas mau tanya ukuran ban punyaku belakang 250 depan 225 aman gak ?

    BalasHapus
  41. misi om mau nanya
    kalo ban belakang vixio old disarungin fdr uk 120/80 nyangkut di arm gak ya ?
    thanks

    BalasHapus
  42. Vixion old velg standar 1,6 & 1,85. Di pasang ban 100/70 & 120/70 kira2 aman ga? & sedap dipandan ga? Mohon masukannya? Trims

    BalasHapus
  43. Gan nanya ukuran ban 120/80 ring 17 muat gak buat velek standar old vixion

    BalasHapus
  44. Untuk belakang apakah ada gan? Ukuran 110/90 atau 100/90 ?

    BalasHapus
  45. Gan. Kalo belakang pake ban ukuran 90/80/17, kira kira aman ngga ya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran segitu yang saya pakai saat ini dan untuk akselarasinya lumayan mantap bro, mesin pun terasa jadi ringan

      Hapus
  46. gan kalo racing standart depan belakang vixion old,maksimal di kasih ban ukuran berapa

    BalasHapus
  47. Kalo ban blakang dikasih ukuran 130/70 velk 3.5 bisa gak gan?

    BalasHapus
  48. mau tanya ni gan
    saya punya velg standar mau tak pasang ban depan ukuran 100/70 ban belakang ukuran 130/70 bisa ga ya gan
    nyenggol ke arm ga ya gan

    BalasHapus
  49. soal biar kelihat tinggi kekar mending ukuran 120/70 atau 130/70 ya gan.
    mohon pencerahan nya gan

    BalasHapus
  50. Make ban belakang 100/90 ban depan masih standar aja berat larinya kurang makanya mau dikurangi ukuran bannya cocok nya safety ban belakang dan depan apa yaa?? Selail 110/70 biar mirip kaya lebar gtu walau make velg ori ,kasih pendapat dong gays lagi bimbang tentang ukuran ban wkwk salam

    BalasHapus
  51. Mau nnyak bg...rencana saya mau ganti ke velg ori vixion 2012 dan memamakai ban tubbless
    Untuk ukran ban tubless dan yg bagus apa ya ???

    BalasHapus
  52. Mau nanya nih gan , kalo vixion old pake velg 3.5 ,terus mau dipasangi ban uk 130/80 bisa gk ya?


    Mohon bimbingannya min

    BalasHapus
  53. Mau nanya gan?, kalo velg belakang std di upgrade ke uk 100/90 apakah bisa?

    BalasHapus
  54. Maaf mas mau tanya kalo Vixion 2011 ban depan 90/80 cocok nya ban belakang ukuran berapa ya mas? Terimakasih

    BalasHapus